Sejarah

By Administrator 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

 

Unggulan Muslimat NU Elementary School’s Profile

Unggulan Muslimat NU Elementary School is one of elementary educational institution in Kudus which is leaning on Ahlussunnah wal jama’ah. This school was born on Muslimat NU Kudus Branch as an answer of nahdliyin’s demands who want to have an elementary educational school which is leaning on Ahlussunnah wal Jama’ah that has both excellence in graduate and education process

Unggulan Muslimat NU Elementary School was build on 25th of May 2011 and ensconce under Khadijah Muslimat NU Social adn Education Foundation. Muslimat NU Kudus branch as the inisiator of Unggulan Muslimat NU Elementary School want to make this school as one of its best elementary school which has Ahlussunnah wal Jama’ah as its rationale, Pancasila and UUD 1945 as its ideology.

Unggulan Muslimat NU Elementary School is located on Jalan Pramuka No.24 (Darul Hadlonah Orphanage Block) Wergu Wetan Village, Kota Kudus Regency.

Pada awal masa berdirinya, di tahun ajaran 2011/2012 Kelas 1, SD Unggulan Muslimat NU menerima 41 peserta didik terdiri dari 18 siswa perempuan dan 23 siswa laki-laki yang terdiri dari 2 rombel. Pada tahun berikutnya, SD Unggulan Muslimat NU berkembang cukup signifikan. Di tahun ke dua ini, SD Unggulan menerima pendaftar sebanyak 155 calon peserta didik. Namun yang kemudian diterima melalui proses tes seleksi psikotes dan wawancara personal hanya 95 peserta didik. Di tahun ke dua, 95 peserta didik dibagi menjadi 3 rombel , (Kelas Ibnu Sina, Kelas Ibnu Rusydi dan Kelas Ibnu Tufail) sedangkan kelas 2 berjumlah 41 peserta didik yang terbagi menjadi dua rombel (Kelas al Faraby dan Al Ghazaly). Berjalan di tahun pelajaran 2018/2019 ini, SD Unggulan Muslimat NU telah memiliki 666 siswa .

Untuk mencapai perolehan siswa sampai dengan saat ini tidaklah mudah, apalagi sekolah swasta dianggap sebagai pilihan kedua di masyarakat. Namun dengan pengembangan pembelajaran yang berkualitas dengan berbagai program unggulan dalam pengembangan iman dan taqwa, pengembangan bahasa asing dan pengembangan IPTEK, sehingga program inilah yang menjadi nilai jual unggulan dan menjadi modal utama bagi SD Unggulan Muslimat NU Kudus serta menarik minat masyarakat luas.

Menurut dokumen kuantitatif, SD Unggulan Muslimat NU Kudus pada tahun pelajaran 2018/2019 memiliki guru dengan latar belakang pendidikan guru meliputi S2 3 orang dan sisanya lulusan S1. Dari data tersebut menunjukkan sebagian besar sudah memenuhi kualifikasi akademik dalam melaksanakan pembelajaran di Sekolah Dasar.

Prestasi yang diperoleh SD Unggulan Muslimat NU Kudus mulai mendapat perhatian dari masyarakat luas dengan diraihnya beragam kejuaran dari berbagai event.

Melalui prestasi dan keikutsertaan peserta didik SD Unggulan Muslimat NU Kudus diberbagai event lomba diharapkan sekolah ini menjadi semakin dikenal masyarakat luas dan penyebaran peserta didik sampai luar jawa diantaranya Bali. Disamping itu masyarakat tertarik dengan SD Unggulan Muslimat NU Kudus ini karena kurikulum muatan lokal/takhassus yang banyak, penanaman karakter yang cukup tinggi dan pengembangan bahasa asing yang terintegrasi dengan kurikulum. Peserta didik di SD Unggulan Muslimat NU dibekali dengan berbagai keterampilan riil yang dibutuhkan sebagai bekal di masyarakat. Mereka diajarkan keterampilan agama seperti tahfidzul quran juz 30, pelaksanaan shalat Dhuha dan Shalat Dzuhur berjama’ah, BTQ (Baca Tulis Al Qur’an), tahfidzul surat-surat pilihan, wirid, berjanji, asmaul husna, al barjanji dan sebagainya.

Guna memenuhi tuntutan zaman yang serasi dengan kebutuhan masyarakat peserta didik juga dibekali dengan keterampilan tampil dimuka umum dalam kegiatan muhadloroh rutin setiap senin diakhir bulan. Selain itu, berbagai kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan sebagai upaya pengembangan bakat dan minat peserta didik SD Unggulan Muslimat NU, antara lain seni tari, qiro’ah, kaligrafi, rebana, pencak silat, dan pramuka.